Selasa, November 04, 2008

TIPS FOOD COMBINING

Kalau dilihat-lihat lagi, kayaknya cukup banyak aturan yang harus kita ikuti dalam melaksanakan food combining ini ya? Tapi tenang saja, semua pasti ada awal dan jalan keluarnya. Berikut adalah tips untuk mengikuti food combining. Selamat mencoba.....

1.

Makan buah (satu jenis atau mix) jangan bersama-sama makanan lain. Berilah tenggang waktu 10 sampai dengan 30 menit sebelum makan makanan lain

2.

Makanlah buah dengancara sedkit-sedikit agar tidak menimbulkan lonjakan gula deras secara mendadak

3.

Ganti camilan anda dengan buah. Boleh saja sepanjang hari, asal sekitar setengah jam sebelum makan, stop buahnya

4.

Makanan tinggi protein dan tinggi zat pati sebaiknya tidak dimakan bersama-sama, tetapi masing-masing dikombinasi dengan sayuran. Misal : daging plus sayur atau nasi plus sayur. Hindari : daging plus nasi, apalagi dengan porsi yang sama banyak.

5.

Jika siang hari sudah makan menu tinggi protein (daging-sayur, misalnya), malam hari mesti ganti tinggi zat pati-sayur. Boleh saja bertukar waktu.

6.

Tidak mengkonsumsi lebih dari satu macam protein pada saat yang sama. Satu jenis protein hewani sehari sudah mencukupi kebutuhan asam-asam amino. Sedangkan protein nabati boleh lebih dari satu macam karena asam aminonya kurang lengkap. Zat pati-beberapa macam-boleh dimakan bersama-sama. Misalnya, nasi plus perkedel jagung.

7.

Masaklah makanan secukupnya dengan menggunakan bahan makanan yang sesegar dan seutuh mungkin, artinya bukan bahan olahan, instan atau yang diawetkan. Makanan yang berkali-kali dipanaskan akan musnah khasiat gizinya

8.

Gunakan lemak dan minyak seperlunya saja

9.

Makanlah sevariatif mungkin, baik jenis maupun cara pengolahannya. Selain menghindari bosan, tubuh tidak kelebihan dosis suatu zat gizi tertentu.

10.

Ikuti food combining secara bertahap, agar tubuh bisa menyesuaikan diri dengan nyaman. Anda juga tidak usah terlalu kaku menerapkan food combining ini. Misalnya anda “lalai” (makan asal-asalan) siang hari, bisa ditebus makan yang benar nanti malam. Yang penting, kebiasaan menyantap berbagai makanan bersamaan tidak menjadi rutinitas.

Cukup mudah kan?

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar