Selasa, November 04, 2008

FOOD COMBINING - Langsing Tanpa Diet

Food combining bermanfaat menurunkan kelebihan berat badan secara aman, alami dan tahan lama.


Pola Makan Alami
Pola makan alami yang menjadi dasar food combining sebetulnya sudah lama dikenal manusia. Akarnya diambil dari pola makan orang-orang Esseni (bangsa yang hidup di Palestina sekitar 2000 tahun yang lalu). Namun orang pertama yang mempopulerkan pola makan ini adalah Dr. William Howard Hay, ahli bedah kenamaan pada tahun 20-an di Amerika. Sehingga pola makan ini juga dikenal sebagai Hay System Diet.

Dr. Hay sendiri telah membuktikan bagaimana penyakit ginjal kronis, pembangkakan jantung dan tekanan darah tinggi yang dideritanya selama bertahun –tahun bisa disembuhkan hanya dalam tiga bulan setelah mengikuti pola makan food combining. Ahkan seperempat bobot tubuhnya yang hampir mencapai 100 kg juga lenyap bersama penyakit-penyakitnya. Itulah sebabnya ia berkesimpulan bahwa kesehatan dan vitalitas orang sangat bergantung pada pola makannya.

Lalu apa bedanya food combining dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna yang mengutamakan keseimbangan gizi? Dasarnya sama. Food combining tetap mempertahanakan 4 sehat 5 sempurna. Cuma pola makan ini memperhitungkan siklus pencernaan tubuh manusia - pencernaan, penyerapan dan pembuangan – yang ternyata berlainan intensitasnya pada pagi, siang dan malam. Selain itu, juga diperhitungkan sifat asam basa makanan sehingga ada kombinasi-kombinasi makanan tertentu yang tidak dianjurkan karena menghambat kelancaran kerja pencernaan tubuh.


Siklus Alamiah Tubuh
Berdasarkan penelitian ekstensif tentang siklus fisiologi, ditemukan bahwa setiap fungsi tubuh memilikiirama aktivitas biologi yang bekerja secara sistematis dalam siklus atau putaran 24 jam tanpa henti. Pencernaan sendiri terdiri dari tiga siklus yang didasarkan pada tiga fungsi tubuh, yaitu menyerap, mencerna dan membuang yang tak terpakai. Meski ketiga fungsi ini simultan aktif, setiap delapan jam sehari masing-masing lebih intensif dibandingkan pada siklus0siklus lainnya :

12 siang – 8 malam : pencernaan

8 malam – 4 pagi : penyerapan

8 pagi – 12 siang : pembuangan

Siklus pencernaan sangat intensif antara pukul 12 siang sampai pukul 20.00. Pada siklus ini energi tubuh lebih bnayak dipusatkan ke fungsi pencernaan. Siklus ini merupakan saat yang tepat untuk mengisi tubuh dengan makanan padat. Kalau anda pada siang hari perut dibiarkan tidak terisi, anda akan merasa lapar sekali.

Siklus penyerapan sangat intensif antara pukul 20.00 sampai 04.00. Pada siklus ini terjadi proses penyerapan sebagian besar zat-zat makanan yang sudah tercerna dan pembagian zat-zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Karena itu, tidur terlambat atau makan larut malam dapat mengurangi pasokan energi yang diperlukan untuk proses penyerapan. Hambatan pada salah satu siklus dapat mengacaukan siklus-siklus berikutnya sehingga anda akan merasa grogi pagi harinya.

Siklus pembuangan sangat intensif terjadi antara pukul 04.00 sampai 12.00. Pada siklus ini, energi akan lebih banyak dipakai untuk membantu proses pembuangan. Sampah akan lebih banyak dikeluarkan dalam siklus ini. Banyak orang mengeluh tidak mempunyai nafsu makan pada pagi hari, tapi tak menyadari bahwa ini adalah hal sangat alami. Karena sedang melalui siklus pembuangan, tubuh tidak terlalu membutuhkan makanan pada pagi hari. Makan makanan padat (misalnya nasi dan daging) yang sulit dicerna dalam kurun waktu tersebut bahkan menyebabkan proses pembuangan menjadi kacau karena kekurangan energi.


Keseimbangan Asam dan Basa
Selain kandungan nutrisi, food combining juga memperhatikan sifat asam-basa makanan. Dalam pelajaran kimis dasar di sekolah pun kita diajarkan asam (acid) dinetralisir oleh basa (alkali). Demikian pula dalam hal makanan. Ada makanan yang pembentuk asam, ada pula pembentuk basa. Jika asam bertemu asam, keseimbangan asam-basa dalam tubuh akan kacau. Keadaan tubuh menjadi terlalu asam. Salah satu gejala yang dirasakan adalah perut kembung dan diare. Padahal keseimbangan asam-basa ini perlu diijaga agar fungsi pencernaan berjalan normal. Keseimbangan asam-basa inilah yang terabaikan selama ini.

Banyak orang, bahkan para ahli sekalipun masih berasumsi bahwa kecukupan gizi setiap orang hanya bisa terpenuhi apabila mengkonsumsi makanan 4 sehat pada waktu makan yang sama. Kita jadi terbiasa makan berbagai ragam makanan pada saat yang sama. Perhatikan bagaimana nasi dan daging selalu dijadikan primadona, sementara sayur dan buah hanya dijadikan pengiring (yang bahkan sering tidak termakan karena sudah terlanjur kekenyangan). Baik nasi dan daging termasuk makanan pembentuk asam. Bisa dibayangkan betapa kacaunya pencernaan tubuh jika dimakan bersama.

Keadaan ideal yang diinginkan adalah apabila keseimbangan asam-basa jaringan tubuh dan darah manusia (kecuali lambung) berada pada nilai pH 7,35 – 7,45 atau agak basa. Keseimbangan ini bisa dijaga dengan cara mengkonsumsi lebih banyak makanan buah, sebagian besar sayur mayur dan rempah-rempah karena merupakan makanan pembentuk basa.

Selain itu, secara alamiah tubuh mencerna setiap makanan dengan cara uang berbeda dan setiap makanan jug amemerlukan enzim pencernaan yang berbeda pula. Protein sendiri memerlukan proses pencernaan yagn cukup lama, sekitar 4 jam, zat pati 3 jam, sayur-sayuran 2 jam, dan buah-buahan hanya antara 10 – 45 menit. Sedangkan lemak atau makanan yang tinggi lemak butuh waktu paling lama sekitar 6-8 jam. Karen aitu setelah makan makanan tertentu, sebaiknya tunggu dulu sebelum memasukkan makanan jenis lain.


Kenyataan yang Sederhana

Dari beberapa faktor alamiah inilah disusun prinsip-prinsip dasar food combining :

  • Tubuh mempunyai siklus-siklus pencernaan, penyerapan dan pembuangan yang berbeda intensitasnya.
  • Ada makanan yang boleh dikombinasikan dan dimakan bersama, ada pula yang tak serasi
  • Setiap makanan butuh waktu pencernaan yang berbeda

Hanya dengan memanfaatkan prinsip-prinsip ini, kerja pencernaan tubuh sudah bisa dijaga agar tetap dalam kondisi maksimal.

Sebetulnya kenyataannya begitu sederhana. Jika fungsi pencernaan bekerja maksimal, dengan sendirinya penyerapan gizi akan berjalan lancar dan pembuangan racun tubuh tidak terhambat. Hasilnya, pastilah tidak bisa lain adalah tubuh yang sehat.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar