Senin, November 10, 2008

ANGKA DAN BERAT BADAN ANDA

Ternyata ada beberapa angka yang dapat membantu menjaga kestabilan berat badan, juga kebugaran anda. Ketika sedang memikirkan tentang tubuh, angka berapakah yang terlintas dalam pikiran anda? Mungkin saja angka itu adalah 50, yaitu berat badan ideal yang anda inginkan. Bisa juga angka 3, yaitu frekuensi makan yang anda butuhkan setiap hari. Angka memang lebih mudah untuk diingat. Bahkan ahli kebugaran di Amerika Serikat menyatakan bahwa ada sejumlah angka jitu yang sering dijadikan target demi kebugaran. Tak hanya itu, angka-angka ini pun dengan mudah dapat membantu menjaga bentuk tubuh anda. Berikut ini angka-angka yang bisa anda ingat dan dapat anda jadikan patokan dalam menjaga kebugaran dan penampilan anda.

16.00 waktu yang tepat untuk berolahraga. Suhu tubuh, kekuatan otot, dan jumlah oksigen maksimal yang disalurkan dari peredaran darah ke jaringan tubuh anda berfungsi penuh dari pukul 4 sore sampai pukul 8 malam. Secara alami, ini menunjukkan bahwa di saat itu anda memiliki stamina dan fleksibilitas yang lebih sehingga kemungkinan untuk mengalami cedera saat berolahraga juga lebih sedikit. Selain itu, pembakaran kalori yang terjadi pada waktu tersebut juga lebih optimal.

24 jumlah sit-up untuk mengecilkan perut. Sit-up adalah gerakan senam yang dapat membantu memperoleh perut yang datar, kencang dan indah. Namun, banyak orang enggan melakukan gerakan ini karena jumlah gerakan ulangannya yang disebut-sebut harus ratusan kali per hari. Padahal, sit-up yang dianjurkan cukup 24 hitungan atau 8 x 3 pengulangan saja (gunakan otot perut ketika sedang melakukannya). Lakukan rutin tiap 2 hari sekali.

2.000 jumlah langkah untuk mencegah kenaikan berat badan. Bila anda gemar berjalan kaki, bersyukurlah, karena kebiasaan ini dapat menjaga kestabilan berat badan anda. Dengan berjalan kaki minimal 2.000 langkah perhari, anda dapat mencegah kenaikan berat badan 1 kg. Jumlah langkah 2.000 ini tidaklah sulit untuk anda capai karena hampir setara berjalan kaki selama 15 menit dalam kecepatan sedang.

Bila anda merasa sulit mencapai angka tersebut, berikut tips yang bisa anda coba:

  • Bila di kantor atau di tempat umum, bila ingin ke lantai yang lebih tinggi pilihlah tangga daripada lift atau tangga berjalan.
  • Di rumah, ambillah sepatu, minuman dan lainnya sendiri daripada berteriak minta bantuan “si mbok” (ini juga berlaku untuk di kantor)
  • Bila naik taksi atau diantar dengan mobil, usahakanlah untuk tidak turun tepat di depan tempat tujuan, tetapi cobalah turun di pintu pagar gedung atau rumah sehingga anda dapat berjalan kaki ke dalam. Bila anda naik bus kota, turunlah satu halte sebelum halte tujuan anda.

5 gelas air minum setiap hari. Sebuah riset di Amerika Serikat membuktikan bahwa jumlah air minum yang masuk dalam tubuh tidak perlu 8 gelas perhari. Hanya dengan 5 gelas air putih, anda sudah dapat terhindar dari kemungkinan dehidrasi. Namun, jika anda aktif bergerak atau rutin berolahraga, air yang harus anda teguk memang harus lebih banyak dari 5 gelas.

100 kalori dikurangi perhari. Agar berat badan bisa selalu terjaga, anda harus memperhatikan kalori yang masuk dalam tubuh. Namun, pengurangan kalori ini bukan berarti memangkas drastis kegiatan makan anda, misalnya dari 3 kali sehari menjadi 1 kali saja. Karena, agar tubuh bugar, anda tetap harus makan. Yang bisa anda lakukan untuk menjaga kestabilan berat badan anda adalah mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda, minimal 100 kalori per hari.

Caranya, kurangi jatah konsumsi camilan anda, seperti kacang-kacangan, keripik, kue coklat, permen, minuman manis dingin, dan sejenisnya. Hal ini harus diperhatikan terutama pada sore hari. Sebab, pada waktu tersebut, tubuh anda memang sering menagih makanan ringan sebelum tiba waktunya makan malam. Untuk itu, pandai-pandailah menukar menu yang yang biasa anda santap di sore hari ketika clubbing di kafe atau saat jajan sore dengan teman-teman atau keluarga. Pesanlah tuna salad, sebagai pengganti kue coklat. Gantilah es cappuccino favorit anda dengan minuman susu rendah lemak. Untuk jajanan, hindari menyantap bakso, siomai atau gorengan. Sebagai pengganti, pilihlah buah segar atau rujak dengan sedikit bumbu atau tidak sama sekali.

8 jam untuk tidur. Normalnya tubuh anda akan terjaga jika waktu tidur anda sudah mencukupi. Namun, sering kali anda masih membutuhkan bantuan dering jam beker untuk membangunkan anda dari tidur. Tahukah apa artinya? Hal ini berarti waktu tidur anda sebenarnya belum mencukupi. Beragam kesibukan memang membuat waktu tidur banyak orang (mungkin termasuk anda) hanya mencapai 4-5 jam perhari. Padahal, waktu tidur yang dianjurkan adalah minimal 8 jam per hari. Bila waktu ini tercukupi, banyak keuntungan yang bisa anda peroleh. Antara lain, wajah tampak lebih cerah, tubuh lebih bugar, kemampuan berpikir akan lebih optimal, tingkat kewaspadaan meningkat sebanyak 25% dan emosi anda pun lebih terjaga (anda tak akan mudah meledakkan amarah bila cukup tidur). Bila anda tergolong wanita sibuk dengan jam kerja yang sudah ditentukan, agar waktu tidur minimal anda mencukupi, yang bisa anda lakukan adalah percepatlah pergi ke tempat tidur!

5 kali makan per hari. Pola makan berupa menyantap makanan berat sebanyak 3 kali sehari tidaklah salah. Namun, pola makan anda akan lebih sehat jika anda menyantap makanan denga porsi yang lebih kecil, tetapi frekuensinya diubah menjadi 5 kali sehari. Pola makan seperti ini kan membuat perut anda tetap merasa kenyang, meskipun waktu makan berikutnya tiba. Dengan demikian, pola ini juga dapat menjaga kestabilan berat badan anda.

Bagaimana menu makanannya? Makanan harus selalu terdiri dari nasi, lauk dan sayur. Kurangi porsi makanan di pagi dan malam hari. Makanlah dengan porsi noral di siang hari, agar kenyang dan berenergi. Selipkan 2 kali makanan selingan berupa buah-buahan setelah makan pagi dan makan siang.

36 jumlah kunyahan setiap suapan. Makanan yang dikunyah dengan baik dapat membantumeringankan kerja sistem pencernaan anda. Yang menarik, hal sepele ini juga dapat mencegah anda mengkonsumsi makanan lebih banyak. Frekuensi pengunyahan yang banyak ini akan merangsang sinyal rasa kenyang dari susunan saraf pusat atau otak. Jadi, anda pun lebih mudah merasa kenyang.

30 jumlah menit yang dianjurkan untuk olahraga kardio. Bila anda sering berolahraga dipusat kebugaran, tentu anda tidak asign dengan olahraga kardio seperti bersepeda statis, berlari di atas tredmill dan sejenisnya. Olahraga ini memang baik untuk kebugaran dan kesehatan jantung anda. Berlari dan bersepeda selama 30 menit dapat membantu membakar sekitar 300 kalori dari tubuh anda.

Related Posts by Categories



1 komentar: