Selasa, Desember 09, 2008

CARA MENGHINDARI INFLUENSA

Influensa bisa dikategorikan dalam penyakit yang ringan, tapi kalau kita terserang influensa, pasti sangat menganggu. Nah, agar terhindar dari penyakit ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

1. Hindari stres. Stres membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. Stres ini dapat diatasi dengan berbagai cara (yang positif tentunya....) seperti : kita bisa baca buku favorit, jalan-jalan ke tempat yang kita suka, atau sekedar relaksasi. Walaupun tidak mengatasi secara total, setidaknya bisa mengurangi kadar stres.

2. Hati-hati kalau berada di daerah yang beresiko tinggi kayak tempat-tempat ramai apalagi musim hujan kayak sekarang. Kalau mau lebih terlindung lagi lebih baik pakai masker (masker hidung dan mulut lho ya.... bukan masker dempul wajah para wanita).

3. Usahakan menghindari kontak langsung dengan orang yang sudah jelas menderita influensa. Gejalanya biasanya batuk dan bersin.

4. Cucilah tangan setelah beraktivitas. Virus atau bakteri bisa masuk melalui tangan tanpa kita sadari. Kalau cuci tangan, cucilah dengan benar. Gunakan sabun dan setidaknya waktu membasuh sekitar 20 detik.

5. Jika mulai merasa badan agak demam, kepala pusing dan bersin-bersin, maka tambahlah waktu istirahat anda, minum air putih yang banyak. Idealnya istirahat selama 8 jam dalam sehari dan minum 8 gelas air putih sehari. Konsumsi vitamin C dan suplemen zinc. Ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa makanan yang kaya akan zinc seperti daging, seafood dan telur.

6. Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan yang kotor

7. Biasakan mengkonsumsi sayuran dan buah. Makanan sehat dan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh

8. Jangan merokok karena dapat memperburuk kondisi saluran pernafasan dan rentan mengalami infeksi!

Edited from : Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita ed Nov 08




Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar