Selasa, Desember 09, 2008

9 DESEMBER

Hari ini tanggal 9 Desember katanya hari anti korupsi. Tah darimana awal pencanangannya yang jelas hari ini orang-orang pada sibuk berkoar-koar untuk berkata “tidak” pada korupsi. Di Jakarta mpe mendatangkan gubernur se-Indonesa untuk berdeklarasi yang intinya menolak korupsi. Padahal kalo dipikir-pikir, dari jaman dulu kala juga korupsi itu udah ada. Kenapa sekarang jadi hal yang begitu heboh? Apa karena kapasitas dan frekuensinya yang begitu tinggi? Atau sekedar latah biar dibilang up to date alias gaya gayaan?

Sebenernya kita ga perlu gembar gembor soal anti korupsi. Ada hal yang jauh lebih penting daripada pencanangan anti korupsi yang seremonial gitu. Perbaiki moral jauh lebih penting. Kenapa tidak pendidikan agama dan etika dinomorsatukan? Kalo hal itu sudah oke, kayaknya semua bakal aman-aman aja (Ngomong gini bukan berarti aku sok bermoral. Bukan. Aku juga pernah korupsi kok. Korupsi waktu yang cukup banyak. Itu tu.....suka nunda kerjaan mpe molor dari dead line karena waktunya abis buat jalan-jalan).
Coba aja kita bayangkan, seandainya setiap orang takut kepada Tuhannya masing-masing kalo berbuat dosa, salah satunya korupsi dan setiap orang bakal ngerasa malu kalo berbuat yang tidak sesuai dengan norma/aturan yang berlaku. Indah kan?
Rasa takut pada Tuhan dan rasa malu pada lingkungan sekitar (masyarakat) kayaknya udah cukup jadi jaring pengaman agar tidak terperosok ke hal yang negatif kayak korupsi gitu. Lagian dari sisi legalitas, hukum juga masih ga bisa dipercaya. Orang maling ayam aja bisa kena hukuman yang sama beratnya dengan orang yang korupsi milyaran malah trilyunan. Kata orang-orang pinter, hukum dapat dibeli. Apa itu mendidik?
Memang sih, usaha pemerintah terutama KPK yang begitu gigih memburu koruptor patut kita hargai. Mudahan aja ga sekedar anget-anget tai ayam. Mudahan aja kasus-kasus korupsi itu bisa mpe tuntas. Tuntas mpe duit yang dikorupsi bisa kembali ke negara dan bukannya ditilep lagi Harapanku sih gitu........harapan orang kecil.
By : Oe.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar